Post Icon


LIDAH BUAYA

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah kita. Tanaman itu sering dijadikan tanaman hias di halaman rumah. Namun jika kita tahu khasiat dari tanaman tersebut maka akan ada banyak manfaat yang kita dapatkan selain sebagai tanaman hias. Sudah sebagian orang yang mengetahui akan khasiat dari tanaman ini, namun jika kita mau menshare kepada orang lain tentunya orang lain akan ikut memanfaatkan tanaman ini.
Secara fisik lidah buaya merupakan tanaman yang hanya terdiri dari lembaran daun yang berbentuk runcing di ujungnya. Di pinggiran daunnya terdapat semacam duri yang tidak terlalu tajam. Tanaman  ini juga mempunyai bunga yang hanya berbentuk kelopak berwarna pink kusam. Lidah buaya tidak mempuntai tangkai, jadi dia hanya membentuk gugusan daun dan membesar untuk daun yang ada di bawah. Bila kita potong daunnya maka di dalamnya kan ada daging dan semacam lendir yang sebenarnya adalah getah Lidah Buaya. Nah getah inilah yang di manfaatkan dari tanaman ini. Untuk memperbanyak tanaman ini juga tidak terlalu sulit. Karena nantinya di bagian pangkal bawahnya biasanya kan tumbuh tunas Lidah Buaya yang nantinya akan menjadi besar.
Biasanya orang memanfaatkan getah tanaman ini untuk merawat dan melebatkan rambut. Caranya dengan mengosok-gosokkan getah Lidah Buaya secara merata di seluruh kulit kepala, tunggu beberapa menit lalu bilas bersamaan saat menyampo rambut. Namun ada juga yang menggunakan tanaman ini untuk memasker mukanya, agar kulit mukanya terlihat segar, bebas dari jerawat dan minyak. Caranya dengan mengoleskan getahnya di seluruh muka dan leher, tunggu kira-kira 30 menit lalu bilas dengan air hangat.
Seiring berjalannya waktu, ada juga yang menggunakan daging Lidah Buaya untuk di buat nata de coco yang sering disebut dengan kavera. Untuk bentuknya sama dengan nata de coco yang terbuat dari sari kelapa yaitu segi empat (dadu) namun teksturnyalah yang berbeda. Untuk nata de coco yang terbuat dari sari kelapa biasanya agak liat namun jika yang terbuat dari Lidah Buaya cenderung lebih lunak dan mudah di kunyah.
Nah dengan demikian banyak manfaat yang dapat kita ambil dari tanaman Libad Buaya itu. Maka dari itu sebaiknya kita memanfaatkannya dengan baik karena yang alami itulah yang baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar